Info Menarik
Loading...

Mengenal Manfaat Daun Kelor dan Pafituapejat

Daun kelor dengan nama ilmiahnya Moringa oleifera merupakan tanaman tropis dengan ciri fisik berwarna hijau sampai hijau kecokelatan. Untuk bentuknya kecil dan bundar seperti telur dengan tepi daun yang rata. Adapun daun kelor memiliki manfaat yang sangat terkenal yakni melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui. Hal itu berkat nutrisi yang terkandung di dalam daun kelor yang terdiri atas kalori, protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, dan asam folat. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin A, B, dan C.


Sebagai seorang suami, saya juga harus paham dan tahu mengenai informasi manfaat daun kelor bagi wanita yang bisa meningkatkan produksi ASI. Ternyata tidak hanya itu, apabila wanita rutin mengkonsumsi daun kelor dapat memiliki rambut dan kulit yang sehat. Benar-benar alami & mudah didapat daun kelor di pekarangan rumah.

Mengenal Lebih Lanjut tentang Pafituapejat

Sebelum kita bahas lebih panjang, sobat pembaca blog didikjatmiko.com pernah mendengar kata PAFI? Kalau PAGI pasti sudah tahu semua ya haha. PAFI kepanjangan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Di Sumatera Barat disebut dengan nama pafituapejat.org . Agar tidak penasaran, aku membuka websitenya Pafi dijelaskan bahwa sesungguhnya Ahli Farmasi Indonesia ada sejak di Proklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, telah berjuang bahu membahu dengan semua golongan masyarakat, untuk melenyapkan penjajahan dari muka bumi Indonesia, serta turut aktif mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kemudian ikut serta dalam Pembangunan Masyarakat dan Negara.

Oleh karena itu Ahli Farmasi Indonesia merupakan salah satu potensi pembangunan yang tidak pernah absen dalam perjuangan pembangunan Negara. Sebagai salah satu potensi pembangunan sesuai Fungsinya, Ahli Farmasi Indonesia disamping tugas keseharian, tetap ikut serta mempertinggi taraf kesejahteraan umum, khususnya dibidang Kesehatan Masyarakat dan Farmasi.

Pada tanggal 13 Februari 1946, di Yogyakarta dibentuklah suatu Organisasi yang dinamakan “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia “ sebagai wadah untuk menghimpun Semua Tenaga yang Bakti Karyanya di bidang Farmasi, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia selanjutnya disingkat “PAFI.

PAFI dan Pengurus Pusat PAFI berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berazaskan Pancasila, Organisasi PAFI adalah Organisasi Profesi yang bersifat Kekaryaan dan Pengabdian.

Oh ya, pafituapejat.org berlamat di Jl. Tuapejat Kota Tuapejat Sumatera Barat dengan alamat emailnya admin.pafituapejat@gmail.com

Manfaat Ampuh Daun Kelor bagi Kesehatan Manusia

Berdasarkan rangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/7/2024) tentang manfaat daun kelor untuk kesehatan manusia dapat kita jabarkan sebagai berikut.

a. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Satu studi di 30 wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan mengurangi kadar gula darah puasa sebesar 13,5%, rata-rata.

Studi kecil lainnya pada enam orang dengan diabetes menemukan bahwa menambahkan 50 gram daun kelor ke dalam makanan mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21%. Para ilmuwan meyakini efek ini disebabkan oleh senyawa tanaman seperti isothiocyanate. Manfaat daun kelor untuk kesehatan ini patut kamu coba di rumah.

b. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Memiliki kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Manfaat daun kelor untuk kesehatan dalam bentuk serbuk baik untuk jantung yang sehat, terutama dalam kontrol lipid darah, pencegahan pembentukan plak di arteri, dan penurunan kadar kolesterol.

Untungnya, banyak makanan nabati dapat secara efektif mengurangi kolesterol. Baik penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa Moringa oleifera mungkin memiliki efek menurunkan kolesterol.

c. Mencegah Kanker

Manfaat daun kelor untuk kesehatan berikutnya adalah untuk mencegah kanker. Perkembangan kanker yang sering tidak disadari membuat banyak orang yang kena kanker, menyadari dia telah terkena kanker setelah memasuki stadium yang parah. Hal ini disebabkan proses pembentukan sel kanker memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan pencegahan terhadap kanker semenjak dini. Daun kelor dapat membunuh sel yang telah mati dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Manfaat daun kelor untuk kesehatan tersebut diduga berkat kandungan antioksidannya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Kesimpulannya, daun kelor memiliki manfaat yang sangat siginifikan bagi tubuh manusia dan kehadiran PAFI di Indonesia memiliki tujuan yakni mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia, mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia dan Meningkatkan Kesejahteraan Anggota. 

Share with your friends

Give us your opinion

Didik Jatmiko merupakan Blogger dan YouTuber dari Bojonegoro yang mencoba berkreasi, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA dan SPAM.

Terima kasih telah berkunjung dan salam damai dari Bojonegoro.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done